top of page
  • Writer's pictureArete Arsitek

Bangun Rumah Tinggal Perlu Arsitek?

Updated: Jun 19, 2020

Everybody want to have a dream house...


Ada yang memiliki tanah yang relatif kecil namun tetap menginginkan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik, ada juga yang memiliki tanah yang relatif luas namun merasa sayang apabila ada sejengkal tanah saja yang tidak terpakai (baca: taman / ruang terbuka :D)


Tak ada yang salah, hanya perlu arsitek handal untuk menyikapi keinginan-keinginan klien yang beraneka ragam dan kompleks hingga akhirnya yang terbangun adalah perwujudan mimpi klien yang telah dikurasi oleh arsitek sedemikian rupa agar tetap menjadi hunian yang nyaman. Karena rumah adalah dimana hatimu berada, bukan?


Proyek-proyek berikut merupakan sekilas gambaran bagaimana Arete Arsitek menyikapi sebuah lahan untuk rumah tinggal :




Taman dalam rumah atau biasa disebut innercourt selain memberi ruang agar bangunan dapat "bernapas" juga memberi ruang luar dengan privasi yang dapat dinikmati 'view' nya oleh penghuni rumah. Innercourt ini juga dapat berfungsi sebagai ruang 'extra' misalnya sebagai area berkumpul (mengundang teman dan keluarga untuk pesta barbeque), bila memiliki anak kecil - mereka dapat menggunakan ruang luar yang aman ini sebagai tempat bermain. Apalagi jika ada budget berlebih untuk memiliki kolam renang pribadi, rumah Anda tentunya sudah seperti villa rekreasi yang dapat dinikmati setiap hari :D


Rumah bergaya klasik sering tampil megah dan terkadang terasa sumpek, namun dengan memberikan sedikit saja ruang terbuka di tengah bangunan dapat memberi pencahayaan dan penghawaan alami di dalam rumah, dengan demikian dapat menghemat pemakaian listrik selama siang hari. Gambar di atas adalah area ruang keluarga dan ruang makan salah satu proyek rumah tinggal di Mekar Wangi Bandung


Setiap proyek memiliki challenges tersendiri, bahkan dengan bentuk tanah yang sama persis namun owner yang berbeda akan menghasilkan desain yang berbeda pula, karena itu jasa arsitek bukan hanya sekedar 'jasa menggambar' tapi juga memberikan waktu dan tenaga selama proyek berjalan (yang seringkali tidak terbatas pada waktu kantoran 8-17) agar dapat memberikan hasil yang maksimal pada pemilik proyek.


~ Cheers & stay safe ~

DW




46 views0 comments

Comments


bottom of page